Jakarta CGK (Soekarno-Hatta)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Jakarta

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Jakarta informasi bandara

Bandara Internasaional Soekarno Hatta merupakan bandara utama di Jakarta dan juga Indonesia. Terletak di Cengkareng, Tangerang, Banten, bandara ini memiliki luas 1.740 hektar. Bandara Jakarta ini memiliki kapasitas penumpang sebesar 70 juta orang tiap tahunnya.

Nama bandara ini diambil dari nama presiden dan wakil presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno dan Moh. Hatta. Bandara ini pertama kali beroperasi secara komersial pada tahun 1985 menggantikan fungsi bandara Kemayoran yang ada di jakarta Pusat dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Sebagai informasi, bandara Kemayoran sudah tidak beroperasi lagi, sementara bandara Halim Perdanakusuma masih berfungsi untuk penerbangan militer, charter, VIP dan beberapa penerbangan domestik ke beberapa tujuan di Indonesia. Bandara ini memiliki luas sekitar 170 hektar yang namanya diambil dari salah satu nama pahlawan Indonesia, yaitu Halim Perdanakoesoema yang gugur pada tahun 1947 di Selat Malaka. Bandara ini hanya melayani penerbangan sipil oleh maskapai Citilink, Batik Air dan Susi Air.

Pada masa awal berdirinya, bandara Jakarta (CGK) ini hanya memiliki 2 terminal, yaitu terminal 1 untuk penerbangan domestik dan terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik. Mengingat lalu lintas penerbangan yang semakin ramai dan jumlah penumpang yang semakin banyak, pada 15 April 2009 diresmikan 1 terminal tambahan yaitu terminal 3 yang difungsikan untuk maskapai penerbangan berbiaya murah (low cost carrier).

Berikut ada informasi mengenai maskapai yang bisa ditemui di setiap terminal di bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

1. Terminal 1

Terminal ini terdiri dari 3 gate yang berbeda, yaitu:

• 1A : Lion Air dan Wings Air

• 1B : Sriwijaya Air, Kartika Airlines, dan Express Air

• 1C : Citilink, Airfast Indonesia, Batik Air

2. Terminal 2

Terminal ini memiliki 3 gate yang berbeda, yaitu:

• 2D : Qatar Airways, Turkish Airlines, Thai Airways Internasional, Qantas, Singapore Airlines, MalaysiaAirlines, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Cathay Pacific, Philippine Airlines, China Airlines, Lufthansa, Cebu Pacific, Tiger Airways, Saudi Arabian Airlines, China Southern Airlines, Emirates, dan berbagai maskapai luar lainnya

• 2E : Garuda Indonesia (penerbangan internasional), Etihad, Lion Air, Royal Brunei, Korean Air, KLM Royal Dutch Airlines dan Gulf Air

• 2F : Garuda Indonesia (penerbangan domestik) dan merpati Nusantara

3. Terminal 3

Terminal ini dikhusukan untuk penerbangan berbiaya rendah. Saat ini maskapai yang terbang dari terminal ini adalah Tiger Air, Lion Air tujuan Bali dan wilayah Indonesia Timur serta Air Asia untuk penerbangan domestik dan juga internasional.

Sebagai tambahan, pihak pengelola bandara menyediakan bus shuttle gratis untuk berpindah diantara terminal!

Pajak bandara di Jakarta airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Jakarta pajak bandara penerbangan domestik Rp. 40,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Untuk Anda yang melakukan penerbangan dari Jakarta dan penerbangan ke Jakarta, ada beberapa transportasi umum yang bisa dipakai untuk menuju dan keluar dari bandara, yaitu:

1. Bus Damri

Moda transportasi ini melayani berbagai rute untuk menuju Jakarta bahkan ke luar kota. Ongkos yang dikenakan pun bervariasi mulai Rp 30.000 – Rp 65.000 dan beroperasi mulai pukul 02.00 hingga 19.00 WIB. Bus ini dapat ditemui di setiap terminal.

2. Taksi

Umumnya terdiri dari taksi reguler dan eksekutif, Anda tinggal memilih ingin naik armada taksi yang mana dan bisa menuju ke lokasi mana pun di Jakarta dan sebaliknya. Ongkosnya pun bervariasi, mulai dari Rp 200.000 tergantung jauh dekatnya tujuan yang dituju.

3. Bus

Ada beberapa bus tujuan luar daerah Jakarta yang masuk ke dalam terminal yang bisa Anda naiki sesuai dengan tujuan masing-masing.

Bandara lain di sekitar Jakarta

Bandara berikut dekat dengan Jakarta. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Jakarta airport

AirAsia Denpasar (Bali), Yogyakarta, Medan, Surabaya,
Batavia Lombok, Ambon, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Batam, Banda Aceh, Jambi, Jayapura, Denpasar (Bali), Gorontalo, Yogyakarta, Kendari, Kupang, Luwuk, Manado, Medan, Manokwari, Malang, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pontianak, Solo, Sorong, Semarang, Surabaya, Tanjung Pandan, Lampung, Tarakan, Ternate, Makassar,
Citilink Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Denpasar (Bali), Medan, Surabaya,
Garuda Lombok, Ambon, Banjarmasin, Biak, Balikpapan, Batam, Banda Aceh, Jambi, Jayapura, Denpasar (Bali), Yogyakarta, Kendari, Kupang, Manado, Medan, Malang, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pontianak, Solo, Semarang, Surabaya, Timika, Lampung, Ternate, Makassar,
Lion air Sibolga, Lombok, Ambon, Banjarmasin, Bandung, Bengkulu, Bima, Balikpapan, Batam, Banda Aceh, Baubau, Jakarta, Jambi, Jayapura, Denpasar (Bali), Ende, Gorontalo, Yogyakarta, Kendari, Kupang, Labuan Bajo, Lhokseumawe, Manado, Medan, Mamuju, Manokwari, Maumere, Nabire, Natuna, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pontianak, Pomala, Singapore, Solo, Sorong, Semarang, Surabaya, Tarakan, Ternate, Makassar, Buli,
Mandala Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Batam, Denpasar (Bali), Yogyakarta, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Tarakan,
Merpati Lombok, Banjarmasin, Bandung, Biak, Balikpapan, Batam, Jayapura, Denpasar (Bali), Yogyakarta, Kendari, Manado, Merauke, Manokwari, Maumere, Sampit, Sorong, Timika, Makassar,
Sriwijaya Ambon, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Batam, Banda Aceh, Jakarta, Jambi, Denpasar (Bali), Gorontalo, Yogyakarta, Kendari, Kupang, Manado, Medan, Malang, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pontianak, Solo, Semarang, Surabaya, Lampung, Tanjung Pinang, Tarakan, Ternate, Makassar,

Jakarta informasi kota

Jakarta adalah ibu kota dari provinsi DKI Jakarta sekaligus ibukota Negara Indonesia. Kota metropolitan ini memiliki luas 661,52 km2 yang terbagi dalam Jakarta Pusat, Barat, Timur, Selatan dan Kepulauan Seribu. Dahulunya daerah ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Lalu berganti lagi menjadi Jayakarta, Batavia dan kemudian menjadi Jakarta seperti sekarang ini.

Berfungsi sebagai pusat administratif negara dan ekonomi nasional, selain pemandangan gedung pencakar langit yang sangat mudah ditemui di tengah kota, ada banyak lokasi wisata menarik yang patut dikunjungi jika anda berkunjung ke Jakarta, seperti:

1. Monumen Nasional (Monas)

Belum sah rasanya jika anda datang ke jakarta tapi tidak mampir ke gedung ikonik ini. Monumen Nasional atau Monas merupakan ikon utama kota Jakarta dan juga Indonesia. Bangunan ini sangat mudah diakses oleh berbagai transportasi publik. Letaknya yang berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Medan Merdeka, menjadikan monas bangunan yang plaing banyak dikunjungi wisatawan. Anda bisa masuk ke dalam monas dengan membayar biaya yang cukup murah dan Anda sudah bisa melihat kota Jakarta dari ketinggian.

2. Masjid Istiqlal

Terletak berdekatan dengan Monas, Masjid istiqlal juga masuk ke dalam lokasi wisata wajib di Jakarta. Masjid terbesar di Indonesia dan juga terbesar se Asia tenggara. Arsitekturnya yang begitu unik dan megah membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun jamaah yang ingin beribadah. Sebagai tambahan, tepat di depan masjid ini terdapat Gereja Katedral Indonesia yang menggambarkan tingginya kerukunan umat beragama di Indonesia.

3. Kota Tua

Terletak di sebelah utara Jakarta, kompleks Kota Tua menyimpan begitu banyak bangunan kuno yang masih berdiri kokoh. Contohnya ada Museum Fatahillah dan Museum Wayang. Datang ke tempat ini akan membuat Anda seperti menjelajah Jakarta tempo dulu. Disini Anda bisa menyewa sepeda untuk berputar-putar atau berfoto ria.

4. Taman Margasatwa Ragunan

Ragunan merupakan kebun binatang dengan luas 147 hektar dan terletak di daerah Jakarta Selatan. Taman Margasatwa pertama di Indonesia ini selalu ramai dikunjungi masyarakat di akhir pekan dan hari libur nasional. Tiket masuknya yang murah serta pilihan banyak satwa yang ada di dalamnya membuat lokasi wisata yang satu ini selalu menjadi primadona wisata di Jakarta.

5. Taman Impian Jaya Ancol

Ada banyak wahana hiburan yang bisa anda temui di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yang terletak di Jakarta Utara. Contohnya ada Ancol yang terkenal dengan pantainya yang keren-keren dan selalu ramai dikunjungi. Lalu ada juga Dufan yang merupakan theme park outdoor terbesar di Indonesia dengan wahana yang super keren. Ada juga Sea World bagi Anda yang suka dengan berbagai hewan laut.