Batam BTH (Hang Nadim)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Batam

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Batam informasi bandara

Bandara Internasional Hang Nadim adalah bandara yang terletak di Batam, provinsi Kepulauan Riau. Bandara ini terletak di Jalan Hang Nadim No. 01, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam. Nama bandara Batam ini diambil dari nama seorang laksamana pada zaman Kesultanan Malaka, yaitu Laksamana Hang Nadim. Menurut sejarah, Hang Nadim adalah pejuang hebat dari Johor-Riau yang hidup pada masa pendudukan Portugis di Malaka pada tahun 1500an. Laksamana Hang Nadim menunjukkan kepahlawanannya dengan mengalahkan tentara Portugis dalam beberapa peperangan. Saat itu wilayah Riau masih masuk ke dalam kekuasaan Kesultanan Malaka. Oleh sebab itu nama Hang Nadim tak asing bagi warga Riau.

Bandara ini pertama kali mulai beroperasi pada 1 Januari 1984. Pada 1 Februari 1985, bandara ini mulai melayani penerbangan domestik ke berbagai destinasi di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Padang dan Palembang. Pada 5 Januari 1990, bandara ini mulai melayani penerbangan internasional ke Johor Bahru dan Singapura.

Bandara ini dioperasikan oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Saat ini, bandara Hang Nadim masih memiliki satu terminal untuk penerbangan domestik dan Internasional. Pada akhir 2014, jumlah penumpang yang menggunakan bandara ini mencapai 4.8 juta orang. Jumlah ini dianggap akan melebihi kapasitas bandara pada 2015. Sejatinya bandara ini mampu menampung 8 juta penumpang di setiap tahunnya.

Melihat peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara ini untuk melakukan penerbangan dari Batam ke berbagai tujuan baik di dalam dan luar negeri, Terminal 2 bandara ini akan segera dibangun pada awal 2016 dengan kapasitas 8 juta penumpang. Selain itu BP Batam juga akan membangun landasan pacu kedua.

Fasilitas yang ada di bandara ini lumayan lengkap, seperti berbagai macam restoran, toko souvenir, cafe, money changer, penjualan tiket ferry menuju Singapura dan Malaysia, ATM, mushola, kamar mandi yang bersih dan luas serta minimarket.

Beberapa fakta menarik tentang Bandara Internasional Hang Nadim Batam adalah sebagai berikut

• Bandara ini merupakan bandara dengan landasan pacu terpanjang di Indonesia, bahkan Asean yaitu 4.025 meter, mengalahkan bandara Soekarno Hatta (3.660 m), bandara Changi, Singapura (4.000 m) dan bandara Narita, Jepang (4.000 m)

• Bandara Batam (BTH) ini mampu menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767

• Apron bandara in mampu menampung 7 buah Boeing B-747 dan 3 buah DC dan 3 buah Fokker 27

• Pesawat terbesar yang melakukan penerbangan ke Batam adalah pesawat jenis Airbus A380-800 dengan 525 kursi

• Ada 10 penerbangan internasional nonstop di setiap minggunya ke Batam

• Bandara Batam ini menghubungkan 18 kota nonstop

• 48% dari jumlah penerbangan harian mendarat di Hang Nadim pada sore hari

Airport tax untuk bandara ini adalah Rp 40.000 untuk penerbangan domestik dan Rp 170.000 untuk penerbangan internasional. Maskapai yang beroperasi di Bandara ini yaitu:

Domestik:

• Batik Air

• Citilink

• Garuda Indonesia

• Lion Air

• Nam Air

• TransNusa Air Sevice

• Wings Air

Internasional:

• Garuda Indonesia

• Malindo Air

• Saudia

• Firefly

Pajak bandara di Batam airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Batam pajak bandara penerbangan domestik Rp. 30,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Untuk urusan transportasi, ada beberapa transportasi publik yang bisa Anda gunakan di bandara ini, yaitu:

1. Bus Damri

Bus Damri yang beroperasi di bandara Hang Nadim dapat mengantarkan Anda ke berbagai tempat di Batam, meski rute yang ditawarkan terbatas, yaitu:

• Bandara Hang Nadim – Jodoh PP ( Rp. 20.000)

• Bandara hang Nadim – Batu Aji PP ( Rp. 20.000)

Untuk naik bus Damri, Anda bisa berjalan hingga ujung terminal kedatangan persis di samping Rumah Makan Singgalang Jaya karena counter bus Damri ada di dekat situ.

2. Taksi

Taksi yang beroperasi di bandara ini umumnya sudah berargo, meski demikian masih banyak juga supir taksi yang mengetok harga dan argo hanya dijadikan hiasan belaka. Taksi yang beroperasi pun taksi asli Batam. Taksi komersial seperti Blue Bird dilarang masuk ke bandara.

Bandara lain di sekitar Batam

Bandara berikut dekat dengan Batam. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Batam airport

AirAsia Jakarta,
Batavia Jakarta, Yogyakarta, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Surabaya, Lampung,
Citilink Surabaya,
Garuda Jakarta, Denpasar (Bali), Medan, Surabaya,
Lion air Ambon, Baubau, Jakarta, Jambi, Yogyakarta, Lhokseumawe, Medan, Natuna, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Semarang, Surabaya, Makassar,
Mandala Batam, Jakarta, Padang, Pekanbaru,
Merpati Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar,
Sriwijaya Jakarta, Jambi, Yogyakarta, Medan, Padang, Pontianak,

Batam informasi kota

Kota Batam adalah kota terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Batam sendiri terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan dengan Jembatan Barelang. Kota Batam memiliki lokasi yang strategis, yaitu berada di jalur pelayaran internasional dan dekat dengan negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. Batam pun masuk ke dalam Kawasan Sijori (Singapura-Johor-Riau) yang menjadikan pulau kecil ini sebagai pusat industri dan juga ekonomi penting di Indonesia.

Jika Anda berkesempatan main ke Batam, jangan lupa kunjungi tempat-tempat wisatanya ya! Batam terkenal memiliki pantai pasir putih yang indah dan masih banyak lagi lainnya. Berikut tempat wisata Batam yang wajib Anda kunjungi.

1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang merupakan jembatan yang menghubungkan pulau Batam dengan pulau-pulau yang ada disekitarnya, seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Barelang sendiri berasal dari nama tiga pulau yang dilewati jembatan ini, yaitu Batam, Rempang dan Galang. Jembatan ini menjadi ikon Kota Batam yang terkenal dan selalu menjadi tempat asyik untuk berfoto dan menikmati pemandangan laut Batam.

2. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa merupakan destinasi wisata dengan laut yang paling indah di Batam. Pantai yang berlokasi di timur laut Batam ini memiliki banyak hotel dan resort mewah bahkan ada juga lapangan golf. Pantai Nongsa sangat terkenal dengan pasir putihnya dan Anda bisa melihat kota Singapura dari pinggir pantai karena jaraknya yang begitu dekat dengan negara tetangga tersebut.

3. Mega Wisata Ocarina Park

Mega wisata Ocarina Park adalah kawasan wisata terpadu atau tepatnya Ancol-nya Batam. Meski baru dibuka pada 2008 lalu, namun tempat wisata ini dengan cepat menjadi hiburan favorit warga dan juga pelancong. Ocarina Park menawarkan banyak wahana permainan untuk anak-anak hingga dewasa, seperti Flying Fox, Sepeda Air, Giant Wheel, Water Boom dan masih banyak lainnya.