Bandung BDO (Husein Sastranegara)

harga termurah, informasi bandara, dan pedoman umum

Bagikan

Harga terbaik dan promo tiket-tiket pesawat

Bandung

Rentang waktu:

Penerbangan di atas ditemukan oleh pengguna TIKET2 selama beberapa hari terakhir. Karena harga penerbangan berubah dengan cepat, tarif ini mungkin tidak lagi tersedia.

Bandung informasi bandara

Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara adalah bandara utama di Bandung dan terletak di Jalan Pajajaran No. 156, Kelurahan Husen Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Bandung. Bandara yang memiliki luas 145 hektar ini terletak 5 kilometer dari pusat kota Bandung.

Nama bandara kebanggaan orang Bandung ini diambil dari nama pahlawan penerbangan Republik Indonesia asal Jawa Barat; Opsir Udara I Husein Sastranegara. Beliau merupakan pilot militer (TNI AU) yang gugur pada saat latihan terbang di Yogjakarta pada 26 September 1946. Beliau juga salah satu tokoh yang aktif dalam kedirgantaraan Indonesia. Dia adalah salah satu peritis TNI-AU yang juga mengelola Lapangan Udara Andir yang kemudian diubah menjadi Bandar Udara Husein Sastranegara sebagai wujud penghargaan atas jasa-jasa beliau.

Bandara Andir yang menjadi cikal bakal bandara Husein Sastranegara saat ini merupakan peninggalan Pemerintah Hindia Belanda. Didirikan pada tahun 1920 oleh Belanda dengan nama Luchvaart Afdeling, Jepang kemudian mengambil alih bandara tersebut pada tahun 1942 hingga tahun 1949. Setelah itu bandara tersebut kemudian diambil alih oleh TNI-AU sebagai pangkalan militer pada tahun 1969 – 1973. Baru pada tahun 1973 bandara terebut dijadikan bandara komersil. Setahun kemudian pada tahun 1974, pelayanan lalu lintas komersil sipil dimulai secara resmi.

Bandara ini memiliki satu terminal yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Terminal bandara ini juga tengah diperluas dan dikebut pengerjaannya dengan target rampung di tahun 2015 ini. Hal ini merupakan bagian dari penyediaan sarana transportasi yang memadai agar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang akan di lakukan di Bandung bisa berjalan lancar.

Bicara soal fasilitas, bandara Bandung ini memiliki berbagai macam fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengguna bandara, seperti dua lounge eksekutif, internet, TV, ATM, mushollah, restoran dan berbagai macam toko.

Maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain adalah sebagai berikut:

Domestik:

• Garuda Indonesia

• Citilink

• Merpati Nusantara Airlines

• Sriwijaya Air

• Air Asia

• Batik Air

• Lion Air

• Susi Air

• Express Air

• Wings Air

• Kal Star Aviation

Internasional:

• Air Asia

• Malaysia Airlines

• Silk Air

• Pacific Royale

• Malindo Air

Sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan, bandara Husein Sastranegara di Bandung juga menerapkan peraturan penggabungan airport tax dengan tiket, namun hanya untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk penumpang tujuan internasional harus membayar airport tax sebesar Rp 75 ribu.

Selama tahun 2014, Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ini mampu melayani sekitar 2,8 juta penumpang atau meningkat dari kapasitas di tahun 2013 yang hanya sebanyak 2,6 juta. Dengan semakin banyaknya penambahan frekuensi terbang dan penambahan rute penerbangan baru, diperkirakan kapaitas bandara akan meningkat hingga 4.5 juta penumpang per tahunnya.

Pajak bandara di Bandung airport

Bila terbang di Indonesia, setiap orang harus membayar pajak bandara yang mungkin berbeda dari bandara ke bandara. Di Bandung pajak bandara penerbangan domestik Rp. 30,000. Pastikan Anda memiliki jumlah ini dalam rupiah sebagai pajak bandara harus dibayar di bandara sebelum Anda melanjutkan ke area keberangkatan.

Cari harga tiket murah pesawat Indonesia

Informasi transportasi

Bandara ini letaknya cukup strategis, yaitu 5 km dari pusat kota Bandung dan 3 km dari stasiun kereta. Untuk masalah transportasi yang tersedia di bandara ini, ada berbagai angkutan umum yang bisa dipilih untuk mengakomodasi tingginya frekuensi penerbangan ke Bandung dan juga penerbangan dari Bandung sendiri.

Berikut ini ada berbagai angkutan umum dari dan ke bandara Bandung (BDO) ini.

1. Taksi

Taksi Primkopau Husein Sastranegara memberlakukan tarif tetap ke berbagai macam tujuan di kota Bandung dan daerah sekitarnya termasuk Bogor, Cimahi, Depok dan Sukabumi. Taksi ini adalah satu-satunya angkutan taksi yang diberi izin beroperasi di dalam bandara. Anda bisa membeli tiket taksi ini di loket yang terletak di pintu keluar bandara, baik untuk exit domestik maupun internasional.

2. Bus Damri

Ada juga bus Damri dengan rute bandara – Terminal Bandung dengan biaya Rp 15.000.

3. Angkutan kota

Ada banyak angkutan kota atau angkot yang melintas kawasan bandara dengan berbagai tujuan, seperti Terminal Cicaheum, Cijerah, Ciroyom dan Cibeureum. Anda perlu berjalan sekitar 10 menit ke arah luar bandara menuju jalan utama untuk naik angkot ini.

4. Sewa mobil

Ada banyak operator mobil sewa yang bisa anda temui di area bandara. Untuk tarifnya bisa nego dan disesuaikan dengan jauh dekatnya tempat yang dituju.

5. Kereta api

Ada juga kereta api yang bisa menjadi alat transportasi keluar bandara. Anda perlu berjalan sekitar 200-an meter untuk sampai ke Stasiun Andir.

Bandara lain di sekitar Bandung

Bandara berikut dekat dengan Bandung. Kadang-kadang harga berbeda, sehingga Anda mungkin ingin memeriksa penerbangan ke bandara ini juga.

Maskapai terbang ke Bandung airport

AirAsia Denpasar (Bali), Medan,
Lion air Jakarta, Yogyakarta, Kaimana, Tual, Manado, Medan, Nabire, Surabaya, Makassar,
Mandala Yogyakarta,
Merpati Lombok, Batam, Jakarta, Denpasar (Bali), Surabaya,
Sriwijaya Surabaya,

Bandung informasi kota

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat. Bandung termasuk salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota yang dikelilingi wilayah pegunungan ini terkenal dengan sebutan Paris van Java dan merupakan kota tujuan wisata alam, wisata kuliner dan juga wisata belanja bagi daerah di sekitarnya dan penjuru Indonesia.

Berikut ini ada beberapa lokasi wisata favorit di Bandung yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung ke kota yang juga dijuluki kota kembang ini.

1. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk atau yang sering disingkat dengan Ciwalk adalah kawasan perbelanjaan yang mengusung konsep alami. Disini ada banyak tempat belanja yang asyik dan tempat makan yang beragam yang bisa membuat Anda betah berlama-lama shopping disini.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Berada sekitar 20 km dari kota Bandung, kawasan gunung Tangkuban Perahu menawarkan pemandangan yang indah. Lokasi wisata yang terletak di Lembang ini ramai dikunjungi wisatawan karena bentuknya yang menyerupai bentuk perahu terbalik yang sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang.

3. Trans Studio Bandung

Ingin bermain di wahana rekreasi indoor? Anda bisa ke Trans Studio Bandung. Trans Studio memiliki 6 pertunjukan utama yang bertema teatrikal, yakni New Parade & Laser Show, Kabayan Goes to Hollywood, Petualangan si Bolang dan zoo crew, Legenda Putera Mahkota, Special Effect action show, dan Trans Studio Big Band.Dengan harga tiket masuk Rp 150.000 (Senin – Jumat) dan Rp 250.000 (Sabtu-Minggu), Anda sudah bisa menikmati sekitar 20 jenis permainan yang seru, mulai dari yang memacu adrenalin hingga yang santai-santai saja.

4. Kawah Putih Ciwidey

Terletak di kawasan Ciwidey atau 50 km selatan Bandung, kawasan kawah putih Ciwidey menjelma menjadi tujuan wisata favorit karena keindahan kawah berwarna putihnya. Warna putih ini dikarenakan kandungan belerang yang tinggi di tanah di sekitar kawah. Selain itu warna airnya juga selalu berubah warna sesuai dengan tinggi rendahnya suhu, cuaca dan kadar belerang.

5. Observatorium Bosscha

Jika Anda ingin mengamati bintang dan benda-benda langit, Anda bisa datang ke observatorium Bosscha yang terletak di Lembang, 15 KM utara Bandung. Tapi untuk kesini Anda harus mendaftar terlebih dahulu ya!